Sabtu, 25 Mei 2013

Korean Drama "Faith" [ Review ]

Hallo guys!
Kali ini gue balik lagi dengan membawakan review ga jelas gue. Sekarang gue mau bahas mengenai drama "Faith".


Drama yang memiliki judul "신의" ini dirilis pada tanggal 13 Agustus 2012. Total 24 episode dengan genre romance, historical, fantasy, time travel. Diproduksi oleh SBS, disutradarai oleh Kim Jong Hak, dan penulis dari drama ini adalah Song Ji Na.
Salut deh sama Mba Ji Na yang udah nulis drama menarik ini. Ya menarik buat gue yang emang sangat suka cerita fiksi fantasi.
Gimana ga menarik coba, drama ini menggabungkan antara kisah sejarah yang nyata dengan hal yang ga masuk akal semacam time travel. Tapi ini tentunya ga sampe merusak sejarah yang sebenarnya juga ko.
Jadi gimana ceritanya ya? Gue bikin sinopsis singkatnya ya.


Drama ini mengisahkan tentang seorang pejuang/ksatria di jaman Dinasti Goryeo, yaitu Choi Young (Lee Min Ho). Di suatu hari Choi Young beserta para rombongan wodalchi mengawal Raja Gongmin dan Ratu Nogook untuk pergi ke Goryeo. Tapi di perjalanan tiba-tiba rombongan mereka diserang oleh penjahat dan Ratu Nogook terkena sabitan pedang di bagian lehernya. Jang Bin yang merupakan tabib kerajaan tidak dapat menyembuhkan Ratu yang lehernya terus menerus mengeluarkan darah. Akhirnya ada yang mengusulkan agar mereka mencari keberadaan tabib langit yang katanya bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Choi Young pun diutus untuk mencari tabib langit tersebut. Choi Young masuk ke gerbang waktu dan keluarlah dia di kehidupan tahun 2012 (Choi Young mengira dia ada di dunia langit). Disana Choi Young mencari orang yang disebut-sebut tabib langit itu dan ia mendapatkan seorang dokter wanita bernama Eun Soo (Kim Hee Sun). Choi Young mengajak atau lebih tepatnya menculik paksa wanita itu dan dibawa melewati gerbang waktu. Eun Soo berhasil menyelamatkan Ratu dengan keahliannya yang memang merupakan seorang dokter bedah. Saat ia hendak kembali ke dunianya ia malah dicegah oleh Penasehat Jo yang memang bermaksud ingin memanfaatkan keberadaan tabib langit ini. Gerbang waktu tertutup dan Eun Soo terjebak di jaman Goryeo itu. Dan disinilah semua kisah berawal.


Eun Soo awalnya mengira bahwa ia sedang bermimpi atau sedang diculik oleh orang psikopat yang sedang melakukan syuting drama. Tapi lama kelamaan ia sadar bahwa dunia tempat dia berada saat itu adalah nyata. Sangat sulit bagi Eun Soo untuk menerima semua ini. Bagaimana tidak, dia makhluk dari abad 21 kini sedang tersesat ke jaman Dinasti Goryeo. Tapi Eun Soo berusaha untuk tetap bertahan, menjalani kehidupan disana,  dan berusaha mencari jalan untuk kembali ke jamannya.

Choi Young sendiri adalah seorang daejang. Dia pemimpin dari para wodalchi. Dia adalah seorang pendekar hebat dan memiliki nae gong (ilmu tenaga dalam). Kekuatan nae gong nya adalah mengeluarkan semacam petir/aliran listrik. Dulunya Choi Young merupakan salah satu anggota dari organisasi rahasia yang selalu melindungi kerajaan secara diam-diam bernama Jeokwoldae. Dan di umur 22 tahun dia diangkat menjadi daejang wodalchi kerajaan, keren! Choi Young adalah orang yang gagah, pemberani, jujur, setia, dan salah satu tipe orang yang rela mengorbankan nyawanya. Dia sangat mengabdi pada kerajaan. Dan di jaman Dinasti Goryeo ini dia berjasa dalam membantu Raja Gongmin untuk memerdekakan Goryeo dari pengaruh Yuan.

Dan dalam darma ini juga diceritakan perselisihan Raja Gongmin dengan Ki Chul yang merupakan adik dari permaisuri kerjaan Yuan. Ya walaupun pada akhirnya Ki Chul lah yang kalah. Ki Chul ini sempat menunjukan 3 benda pada Eun Soo. Ki Chul mengatakan bahwa benda-benda itu merupakan peninggalan tabib langit dari 100 tahun yang lalu. Apa saja itu? Alat-alat bedah, diari yang dibelakangnya terdapat inisial Eun Soo, dan sebuah kamera (kamera baru diperlihatkan Ki Chul di episode terakhir). Eun Soo sangat kaget dan heran dengan benda-benda yang katanya peninggalan tabib langit di jaman dulu itu. Apakah tabib langit berasal dari masa yang sama dengan Eun Soo? Dan Eun Soo juga heran kenapa diari yang ditinggalkan tabib langit ada inisial namanya? Apakah tabib langit adalah dirinya? Tapi benda itu berasal dari masa seratus tahun yang lalu. Dan seingat Eun Soo dia hanya baru melakukan perjalanan waktu sekali ini saja. Beberapa kali tabib langit memberi beberapa petunjuk mengenai apa yang harus Eun Soo lakukan melalui diari itu.

Dan episode terakhir sukses membuat hati gue tercabik-cabik, tersayat-sayat, deg-degan, kesel, ngenes, nyesek. Okeh, ini berlebihan. Tapi disaat Eun Soo memutuskan untuk tetap tinggal di masa Goryeo dan hidup bersama Choi Young, si Ki Chul biadab malah menyerang Choi Young pake nae gong nya. Disaat keadaan Choi Young yang sekarat Eun Soo pun memutuskan untuk melewati gerbang langit yang telah terbuka dan kembali ke abad 21 untuk membawa obat yang mungkin bisa menyelamatkan Choi Young. Dia membawa alat bedah, buku, dan kamera. Lalu dia kembali memasuki gerbang langit dan NYES banget hati gue saat mendapati Eun Soo malah terjebak, sendirian, di dunia seratus tahun lebih lalu dari jaman dia bertemu Choi Young. Bisa kebayang ga sih saat orang yang lo cintai lagi sekarat terus lo pergi buat nyari alat yang bisa nyembuhin dia, pas balik lagi lo malah kejebak di dunia yang sama sekali ga lo kenal, panik, takut. Kurang apa dia? Kurang apa si Eun Soo ini sampe gerbang langit begitu tega menyesatkannya!!! hikseu~

Tapi Eun Soo ga nyerah. Dia membuka tempat praktek dan menjalani hari-harinya di jaman itu. Dia menulis setiap kejadian yang dia ingat di sebuah buku dan sesekali saat rindu pada kedua orang tuanya dia melihat video dari kamera yang dia bawa. Dan ini pun membuktikan bahwa ketiga benda itu memang milik Eun Soo dan tabib langit itu adalah Eun Soo. Eun Soo pun meninggalkan beberapa petunjuk di beberapa tempat agar dapat membantu Eun Soo di jaman Goryeo nantinya. Dan emang berhasil kan. Di jaman Goryeo itu petunjuk-petunjuk tersebut memang membantu. Cerdas banget penulis drama ini. Petunjuk-petunjuk peninggalan 100 tahun lalu itu diterima oleh Eun Soo di jaman Goryeo padahal petunjuk-petunjuk itu baru dibuat Eun Soo setelah meninggalkan Goryeo. Nah loh, bingung ga? Ngga dong. Ga masuk akal ya? Tapi ini menarik, menurut gue.

Setelah beberapa lama menjalani kehidupan di masa itu akhirnya gerbang langit terbuka kembali dan Eun Soo pun melewatinya. Dia kembali ke abad 21 namun kali ini tanpa rasa ragu dan dibarengi oleh rasa kerinduannya terhadap Choi Young yang begitu mendalam dia pun masuk lagi ke gerbang waktu. Dan, yes!! Eun Soo berhasil kembali ke jaman 5 tahun setelah kejadian Choi Young sekarat itu. Dan syukurlah waktu lima tahun bagi Choi Young itu tidak membuat dia melupakan Eun Soo. Choi Young selalu menunggu Eun Soo. Dan menurut gue Eun Soo ga nyampe ngelewatin waktu 5 tahun deh. Paling banter total sejak dia pertama kali diculik Choi Young sampe saat itu cuma setahun. Mengenai dia kembali ke masa seratus tahun yang lebih lalu dan ke masa 5 tahun setelah Choi Young sekarat itu kan dia pake gerbang waktu. Paham ga? Paham dong.

Drama ini ga sepenuhnya real tapi juga ga sepenuhnya fake. Mengenai Dinasti Goryeo, Jenderal Choi young, Raja Gongmin, dan Ratu Nogook itu memang ada dalam sejarah Korea. Tapi dengan sentuhan indah sang penulis drama ini dibuat menarik dengan kehadiran Eun Soo dari abad 21. Gue suka banget idenya. Gue suka banget ceritanya. Walaupun ga masuk akal tapi ceritanya bikin gue ikut berfikir kenapa bisa begini padahal ini baru begitu (?) Membingungkan tapi sangat asik menduga-duganya.

Untuk bisa merasakan sendiri fantasinya silahkan ditonton aja drama nya. Ga bakal kecewa deh, apalagi pemainnya Lee Min Ho ^^


Thanks for reading...
Ppyong~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll