Kamis, 09 Februari 2012

Membuat Karya Sastra? Tidaaaaaaak!!!

            Kata “sastra” tentunya sudah tidak asing terdengar di telinga kita bukan? Terlebih lagi  saat ini sudah banyak media untuk mempublikasikan suatu karya sastra. Dan diantara kalian yang membaca posting-an ini, mungkin ada seorang pencipta sastra atau mungkin juga hanya seorang penikmat sastra saja.
            Yang namanya sastra, tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Apalagi bagi seorang pelajar. Banyak orang yang menyukai sastra tapi tidak sedikit pula yang tidak menyukainya. Siapa yang tidak suka? Salah satunya aku. Kalian tahu apa salah satu tugas yang tidak kusukai? Yaitu tugas membuat karya sastra. Baik itu dalam bentuk cerpen, puisi, esai, dsb. Saat mendapat tugas tersebut satu kalimat yang selalu spontan keluar dari mulutku adalah “Aku tidak suka sastra!”
            Membuat karya sastra sangat sulit bagiku. Saat yang paling kubenci adalah ketika aku kebingungan “Harus aku mulai dari mana tulisan ini??!!!”. Dan menurutku membuat karya sastra adalah salah satu pekerjaan yang bisa menguras otak kita. Kenapa? Karena mau tidak mau kita harus benar-benar membuka wawasan kita dan kita harus bisa menyalurkan apa yang ingin kita salurkan dengan cara yang baik. Dan cara yang baik inilah yang menurutku sangat sulit.
            Beberapa puisi dan cerpen tentunya sudah pernah kuhasilkan. Dan itupun bukan semata-mata aku ingin membuatnya. Tapi karena tuntutan dari salah satu tugas mata pelajaran di sekolah. Walaupun kesan positif terhadap karya sastra yang kubuat tidak sedikit aku dapatkan, tapi setiap aku pandangi karya sastraku sendiri aku hanya bisa berpikir “Apakah ini bisa dikatakan tulisan?”. Aku tidak pernah menyukai hasil karya sastraku sendiri. Tapi tidak jarang pula aku merasa bangga karena ternyata aku bisa membuatnya.
            Akan tetapi jika kita membahas Siapa saja penikmat karya sastra? Aku adalah salah satunya! Tidak suka membuat karya sastra bukan berarti tidak suka menikmatinya, kan? Dan penting untuk diketahui bahwa menikmati karya sastra termasuk salah satu hobi ku. ^^
            Dan untuk yang membaca blog ini, mungkin diantara kalian sekarang ada yang berpikir, “Ini orang bilangnya ga suka nulis. Emangnya dia pikir ini bukan tulisan?!”. Hahaha… Jika kalian menghargai atau menganggap ini adalah sebuah tulisan, aku ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Satu hal lagi yang ingin aku sampaikan. Salah satu hal yang aku takutkan di dunia ini adalah hukum kebalikan *hukum apa pula ini O.o??. Saat aku mengatakan “tidak suka” maka akan menjadi “suka”. Saat aku mengatakan “suka” maka akan menjadi “tidak suka”. Ini pernah kualami dalam beberapa hal. Ya, hanya beberapa ^^ .. So, jangan merasa heran jika suatu saat aku membuat tulisan dengan judul "Membuat Karya Sastra? Yaaaaaa!! \(^_^)/ "
Kritik dan saran selalu saya harapkan~~

2 komentar:

  1. ini tulisan, tp isinya curhatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... ga sadar kebawa emosi akhirnya malah jadi curhatan. Biarlah, kan belajaaar~~

      Hapus

Blogroll