Selasa, 21 Februari 2012

Hindari Ini saat meng-update status Facebook!

Siapa sih yang nggak tahu facebook... Saat ini hampir setiap orang memiliki akun salah satu jejaring sosial ini. Dan hampir setiap waktu pula mereka (para pengguna facebook) meng-update status mengenai apa yang sedang mereka lakukan atau apa yang sedang mereka rasakan. Namun tahukah anda hal-hal apa sajakah yang sebaiknya dihindari saat meng-update status facebook? Kita akan bahas mengenai itu sekarang ^^
Tapi sebelumnya saya akan memberi alasan mengapa hal-hal ini harus dihindari. Itu dikarenakan akan membuat orang lain tidak nyaman, tidak menarik untuk dijadikan status, dan alasan-alasan lainnya.

Hal-hal apa sajakah itu? Ini dia:
1.Saat kesal, marah, atau benci terhadap seseorang, perusahaan, sekolah, atau hal sebagainya, jangan luapkan emosi anda pada status facebook. Karena itu akan menyinggung perasaan orang lain dan mungkin akan menyebabkan masalah bagi anda sendiri di kemudian hari.
2. Bahasa atau penulisan alay tidak membuat setiap orang nyaman. Banyak sekali yang melakukan hal ini dan ini juga sering bermunculan di beranda facebook saya sendiri. Yang bagaimanakah penulisan alay? Ini dia contohnya "H4i... n4Ma kAmu s!aPaa?" huruf besar, kecil, dan angka bercampur menjadi satu. Lalu yang bagaimana bahasa alay? Seperti ini "Kmariinnx c dia marah lagee zma akuuh, BT euummzzz." Menulis status seperti itu merupakan hak setiap orang. Tapi yang jadi masalah adalah kenapa harus menulis dengan cara seperti itu? Coba anda pikir, jangankan untuk memberi komentar, membacanya pun sulit! Apa jadinya generasi masa depan bangsa jika berbahasa Indonesia pun tidak dapat dilakukan dengan baik dan benar!
3. Saat anda sedang pergi ke suatu tempat untuk besenang-senang atau piknik keluarga pasti anda ingin meng-updatenya pada status facebook anda, misalnya "Asyiknya menikmati hari libur di Bali bersama keluarga." Kenapa status seperti ini harus dihindari? Karena akan menyita waktu liburan anda. Belum paham? Saat anda meng-update status seperti itu mungkin akan ada yang memberi komentar pada status anda, dan anda akan membalasnya, kemudian saling balas membalas komentar dan akhirnya bukan menikmati liburan tapi anda malah asyik ber-facebook-an.
4. Jangan sampai anda menulis Status update yang berhubungan dengan game, itu hanya cocok untuk kesenangan anda sendiri, tak semua orang di Facebook yang suka akan game. Solusinya, non aktifkan auto update status di Aplikasi atau Game tersebut.
5. Punya selingkuhan di facebook? Jangan sampai anda mengumbarnya di status update. Cukup jadikan rahasia anda saja. Karena tidak setiap orang tertarik dengan cerita hidup anda ataupun kisah cinta anda.

Saya tidak bermaksud mengatur-ngatur anda dalam membuat status facebook. Saya hanya menyarankan anda untuk menghindari hal-hal diatas saat membuat status facebook. Itu semua demi kenyamanan anda sendiri dan pengguna facebook lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jika ada tambahan, kritik, ataupun saran silahkan masukan pada komentar ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll