Rabu, 14 Agustus 2013

Roleplayer atau Parody ??

2013 adalah tahun kelabilan bagi penghuni RPW di Indonesia. Saling bash, nyindir, musuhan, terror, fanwar dimana-mana. Jujur gue risih serisih-risihnya. Tapi ga ada guna dan manfaat juga kan kalo gue berkicau di TL RP gue. Yang ada nanti gue malah di bash. Mendingan disini, lebih aman, tentram, dan gue bisa nulis sepanjang-panjangnya sampe semua kejengkelan ini ga menuhin otak gue lagi.
Tapi sebelum kita bahas soal krisis di RPW itu mending kita bahas dulu mulai dari: apa itu roleplayer? apa itu parody? apa kegunaannya? harus gimana kita memerankannya?
Disini gue akan ngasih jawaban bukan dari pakar tertentu ya, tapi jawaban berdasarkan argumen gue sendiri. Tapi gue mau ingetin nih kalo nanti gue bakal ngeluarin  unek-unek soal RPW. Gue takutnya ada yang ngerasa kesindir dan mentalnya ga kuat kemudian dia kesel sama tulisan gue kemudian dia kepo PA gue kemudian dia report as spam acc gue. Ocidaaaakkkss!!! \(!!˚˚)/ Orang yang begitu mending ga usah lanjut baca aja ya plis huss huss (_")

Oh ya maafin juga gue nulisnya pake bahasa begini. Toh yang baca kayaknya kebanyakan para abg kan ya? Jadi ga usah formal-formal amat lah gue ga pandai menulis formal. Buat orang-orang yang pandai menulis, maafkan saya karena menodai dunia sastra dengan tulisan ecek-ecek ini.. hiks  (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)



Apa itu roleplayer? Pertama-tama kita kepoin dulu deh terjemahan kata itu. Roleplayer itu pemain peran. Jadi seorang roleplayer itu ya tugasnya memainkan suatu peran. Jadi kita dituntut untuk berperan/menjadi tokoh tertentu. Simple kan? Tapi kenapa masih aja banyak yang ga paham dengan makna ‘roleplayer’ itu kenapa???

Di dunia nyata banyak yang namanya roleplayer. Actris/actor, pemain drama, dsb itu kan orang-orang yang suka bermain peran. Tapi yang namanya teknologi dan keserakahan manusia ga membiarkan kita untuk mentok sampai disitu. Ga cukup menguasai dunia nyata, para roleplayer ini pun mulai menguasai dunia maya. Akun roleplayer mulai bertebaran di twitter, facebook, wa, line, dan masih banyak lagi pastinya. Tapi nanti gue mau bahas lebih banyak soal yang di twitter aja soalnya gue aktifnya disitu doang.

Nah, gimana cara jadi roleplayer di twitter? Jadi kalau mau join kamu tinggal bikin akun twitter dengan profil seseorang yang mau kamu perankan. Mau itu actris, penyanyi, presiden, anime, setan, hewan, tukang ojek juga boleh. Kamu bisa jadi siapapun yang kamu mau. Tapi ingat, disitu kamu bermain peran. Jadi tugas kamu di akun itu adalah ber-acting menjadi seseorang yang ingin kamu perankan tersebut. Dan sebenernya kita dilarang OOC di akun roleplayer.

Gue sendiri join roleplayer di twitter ngambil peran jadi kpop idol. Kabarnya roleplayer kpop idol ini munculnya dari fans korea. Para fans ini terobsesi untuk bisa komunikasi sama idolnya. Jadi mereka kepikiran buat bikin fake account yang mereka sebut RP account dan berperan layaknya idol yang mereka perankan. Bahkan para fans ini suka nyoba nguntit untuk tau aktivitas idolnya dan kemudian bakal mereka update di akun RP nya. Dan akun RP ini selalu melakukan fantalk dengan siapapun yang mau komunikasi sama idolnya walau itu cuma sekedar akun RP. Dulu akun RP itu cuma dikit, ga seabreg macem sekarang. Jadi kalo ada fans yang mau fantalk pun  ga bakal bingung mau fantalk sama RP yang mana. Dan kalo TG pun mereka suka ngaku. Ga ada yang salah dengan TG. Wong namanya juga kita cuma bermain peran dan cuma minjem muka orang.

Lalu apa itu parody? Nah gue sampe buka kamus besar bahasa inggris nih suer buat tau terjemahannya lebih jauh. Gue juga sampe pake translator buat mastiin. Dan ternyata dimana-mana artinya sama kalo parody itu adalah tiruan yang mengejek; menirukan secara mengejek. Yaudah kita saring aja lagi ya, berarti akun parody itu intinya dibuat untuk menghibur. Nama artis di pelesetkan gitu. Dan kalo ada akun parody yang OOC itu wajar sangat sangat wajar karena justru memang dituntut kayak gitu. Tapi disini OOC nya dalam hal-hal yang lucu biar bisa menghibur orang, bukan OOC ngegalau ga jelas.

Dan sekarang gue bingung karena di twitter juga ada akun yang di bio-nya tertulis imma parody. Nah berarti mereka akun yang kerjaannya niruin sambil ngeledek dan melakukan hal-hal kocak gitu kan? Tapi yang gue liat sekarang justru para akun parody ini kebanyakan malah jadi lebih waras daripada akun RP. Gue malah sering liat acc yang di bio-nya tertulis imma parody dan mereka pada less ooc terus getol banget update soal artis yang mereka parodikan. Nah kok RP bisa kalah sih sama parody? Parody aja bisa begitu kenapa RP ngga??

Entah siapa yang pertama kali nyiptain akun roleplayer/parody ini. Orang yang pertama nyiptain pasti punya tujuan dan maksud yang baik tapi kemudian makin lama makna dan tujuan itu makin melenceng di kalangan para newbie. Ngga kok newbie ga salah. Newbie hanya melakukan dan mencontoh hal-hal yang dilakukan seniornya. Waktu itu gue pernah liat ada yang bikin tweet “Aku newbie disini. Dan aku suka liat ada yang openfollow terus nulis ‘no PA’ jadi ya aku pikir kalo RP itu emang ga boleh hubungan sama PA”. Nah kan. Senior  juga ngga salah. Gue yakin senior yang baik bakal ngasih contoh yang baik juga. Dan senior yang bener-bener senior itu keliatan kok dari TL-nya. Karena gue fans SS501 jadi gue pernah stalk akun fanbase RP SS501. Ternyata kebanyakan mereka termasuk #kaumelite atau RL nya anak kampus/sederajat. Dan gue liat dari TL mereka rata-rata tweet-nya santun-santun. Gue jadi kasian sama para newbie yang malah dapet contoh dari senior yang ga jelas L

Oke, sekarang gue mau nyoba ngelurusin lagi maksud dari roleplayer dan parody. Yang namanya rolepayer udah jelas kan ya bermain peran, acting layaknya orang yang kita perankan. Dan kalo jadi artis berarti tujuan kita adalah untuk “update informasi soal artis tersebut dan berusaha ramah dan melakukan fantalk bersama fans”. Sedangkan parody -menurut gue- akun yang nyeleneh, akun buat ngeledek tapi untuk lucu-lucuan aja. Gue kasih contoh akun si pocong yang populer banget di kalangan anak twitter. Si pocong itu kan akun parody. Kalo dia akun roleplayer harusnya dia bertingkah layaknya pocong. Bertingkah layaknya pocong ya berarti ga bisa ngetweet kan tangannya dibungkus, wkwk. Dan si akun pocong itu justru suka bahas banyak hal yang kocak-kocak juga kan?  Sedangkan pocong asli mana pernah ngomong, yekan? Nah berarti akun pocong itu masuknya ke parody, bukan roleplayer.
Jelas kan bedanya?

Gimana? Sekarang udah semakin diresapi belum “makna dan tujuan dari roleplayer”? Masih belum? Gue bahas juga nih satu unek-unek yang bikin otak gue pengap. Kenapa roleplayer Indonesia jaman sekarang tuh pada ngebet pacaran? Couple-an dengan perasaan real. Bertingkah seakan memiliki. Terus ada satu lagi kenyataan yang miris bahwa sekarang yang namanya TG terkesan sulit diterima. Dulu gue pernah liat ada akun RP artis SM yang ngaku kalo dia TG terus dia jadi dijauhin terutama sama yeoja-yeoja yang tadinya deket sama dia. Kalo kenyataannya macem gitu jangan salahin kalo sekarang TG jadi pada ga mau ngaku. Mereka jadi takut kalo ngaku nantinya bakal dijauhin. So, think again! Pake logika, jangan terlalu pake perasaan karena ini cuma RP, ini cuma fakeworld, sebuah dunia buatan.

Terus gue juga suka liat akun RP yang sok-sokan less ooc. Less OOC mamprang di bio, ngomong pake English tapi tetep aja yang di tweet itu ga nyambung sama keadaan artis yang dia peranin. Less ooc itu ga perlu pake bahasa Inggris. Nge-tweet pake bahasa Jerman, Jawa, Minang, atau bahasa tokek juga ga apa-apa yang penting intinya lo nge-tweet soal hal yang berhubungan sama yang lo perankan. Sekarang semisal ada RP PSY terus bikin tweet “Still in the classroom. Oh god, I’m bored” helooow PSY unyu ya masih sekolah gitu, ckck. Jangan sok-sokan less ooc mas. Kamu tuh tetep aja ooc cuman nge-tweetnya pake bahasa inggris --“

Tapi ga semua RP kayak gitu kok. Gue tau masih banyak juga akun roleplayer yang masih bisa mengamalkan tugasnya dengan baik. Sedangkan gue sendiri udah ngundurin diri dari dunia roleplayer. Yep, sekarang gue lebih memilih menjadi parody.

Unek-unek apalagi ya yang belum keluar. Agak plong lah sekarang rasanya. Udah gue ingetin dari awal kan buat yang mentalnya ga kuat mending ga usah baca. Tapi yang penasaran pasti ngotot aja buat baca. Ada yang ngerasa kesindir ga? Maaf ya maaf. Bukan sok ngajarin atau apalah. Gue cuma masyarakat RPW yang biasa-biasa aja. Acc RP gue ga famous kok. Gue bukan admin fanbase manapun ya plis takutnya ada yang salah sangka. Think again, think again, pikir lagi pake otak ya jangan pake jidat. Gue disini cuma pengen share argumen gue soal roleplayer, parody, kegunaannya, dan beberapa unek-unek gue. Thanks buat yang udah baca dengan ‘pikiran yang dewasa’. Gue tau kok sekarang anak-anak SMP juga banyak yang udah bisa berpikir dewasa. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat siapapun.

Damai ya. Viss.. -_-v


Thanks for reading.

Ppyong~

note:
* RPW = roleplayer world
* RP = roleplayer
* PA = personal account
* RL = real life
* TG = transgender
* OOC = out of character

8 komentar:

  1. Kak, mau tanya kalau fan talk itu gmn ya? Apalagi kalo rp rare kan jarang ada fan mau tanya2 ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasakan saja untuk update info artis yang kita RP-kan. Sekarang sih jarang k-popers Indonesia yang ngajak fantalk karena kebanyakan mereka udah pada tau yang namanya akun RP jadi ga penasaran lagi.
      Akun saya sendiri yang 'itu' setelah setahun baru banyak difollow PA dan seringkali yang ngajak fantalk itu justru orang luar.
      Jangan mau yang instant aja ya buat jadi RP yang baik emang butuh proses :D

      Hapus
  2. Halo, salam kenal :D Nama saya Tidi, mahasiswi psikologi dari Bandung.. saya tertarik sekali dengan fenomena Roleplayer nih.. Kalo nggak keberatan, apakah kita bisa ngobrol atau diskusi lebih banyak? Terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf terlambat membalas. Jika masih diperlukan silahkan hubungi saya melalui twitter di @sMaharaniMei.

      Hapus
  3. Hai kak. Maen rp juga soalnya di twitter. Sekarang ada istilah CG ama TG itu apa ya artinya.-.

    BalasHapus
  4. main rp di line min
    add id : circle_jungenbi

    BalasHapus
  5. Kak hall buat gc parody itu seperti apa ya?

    BalasHapus
  6. Kak hall buat gc parody itu seperti apa ya?

    BalasHapus

Blogroll