Senin, 02 Mei 2016

BTS "FIRE" Lyrics w/ Translate and MV Review

BTS "Fire" Lyrics


(Romanized) 
 
[Suga]
bultaoreune

[All]
Fire
Fire
Fire
Fire


[J-Hope]
When I wake up in my room nan mwodo eopji haega jigo nan hu biteuldaemyeo geotji

[Suga] da mansinchangiro chwihaesseo chwihaesseo mak yokhae gireseo gireseo na masi gaji michinnom gatji da eongmangjinchang, livin’ like ppi-i-

[Jungkook]
ni meosdaero sareo eochapi ni kkeoya aesseuji jom mareo jyeodo gwaenchanha

[Jimin] Errbody say la la la la la (ra la la la la) Say la la la la la (la la la la la) soneul deureo sorijilleo burn it up

[Suga]
Bultaoreune

[V]
ssak da bultaewora bow wow wow ssak da bultaewora bow wow wow

[Rapmon]
Hey, burn it up jeonbu da taeul geot gati Hey, turn it up saebyeogi da gal ttaekkaji geunyang sarado dwae [J-Hope] urin jeolmgie geu malhaneun neon [J-Hope] mwon sujeogillae sujeosujeo georyeo nan saraminde
(So what~)

[Jin]
ni meodaero sareo eochapi ni kkeoya aesseuji jom mareo jyeodo gwaenchanha

[Jimin] Errbody say la la la la la (la la la la la) Say la la la la la (la la la la la) soneul deureo sorijilleo burn it up

[Suga] bultaoreune

[V]
ssak da bultaewora bow wow wow ssak da bultaewora bow wow wow

[Jin]
(Fire) geop manheun jayeo yeogiro
(Fire) goeroun jayeo yeogiro
(Fire) maenjumeogeul deulgo All night long

[Jimin]
(Fire) jingunhaneun balgeoreumeuro
(Fire) ttwieobwa michyeobeoryeo da

[V]
ssak da bultaewora bow wow wow ssak da bultaewora bow wow wow
Fire
Fire
ssak da bultaewora bow wow wow
Fire
Fire
ssak da bultaewora bow wow wow
Fire
Fire
ssak da bultaewora bow wow wow

[Suga]
yongseohaejulge

(English Translation)

[Suga]
Burning it up

[All]
Fire
Fire
Fire
Fire

[J-Hope]
When I wake up in my room I have nothing
Once the sun goes down, I stumble

[Suga] So completely drunk, drunk Cursing around on the street, street I’m out of my mind, like an insane person
It’s all a mess, livin’ like beep

[Jungkook]
Just live how you want Your life is yours
Don’t try so hard It’s alright to lose

[Jimin] Errbody say La la la la la (La la la la la) Say la la la la la (La la la la la)
Put your hands up and shout Burn it up

[Suga]
Burning up

[V]
Burn it all Bow wow wow
Burn it all Bow wow wow

[Rapmon]
Hey, burn it up Like you want to burn it all Hey, turn it up Until the dawn breaks It’s okay to just live [H-Hope] We’re still young Who do you think you are [J-Hope] to say otherwise
Stop comparing, I’m just me (So what)

[Jin]
Just live how you want Your life is yours
Don’t try so hard It’s alright to lose

[Jimin] Errbody say La la la la la (La la la la la) Say la la la la la (La la la la la)
Put your hands up and shout Burn it up

[Suga]
Burning up

[V]
Burn it all Bow wow wow
Burn it all Bow wow wow

[Jin]
(Fire) The scared, this way
(Fire) The miserable, this way
(Fire) With your fists up, all night long

[Jimin]
(Fire) In marching footsteps
(Fire) Jump, go crazy

[V]
Burn it all Bow wow wow Burn it all Bow wow wow
Fire Fire, burn it all Bow wow wow
Fire Fire , burn it all Bow wow wow
Fire Fire , burn it all Bow wow wow

[Suga]
I’ll forgive you

MV Review

Bultaoreune! Kkk

Kupikir 화양연화 Pt.2 itu akan menjadi penutup dan akhir dari kisah yang berawal dari MV I Need U. Ternyata, tepat tanggal 2 Mei 2016 00.00 KST, Bighit Entertainment kembali merilis sebuah MV berjudul Fire yang merupakan epilog dari trilogi yang mereka ciptakan. Sebelum MV ini dirilis, Bighit juga mengeluarkan MV lain berjudul "Young Forever". Berikut adalah MV BTS "Fire":

 

What do you think about this?
I personally really like this song so much~!
Akhirnya, setelah segala bentuk kegalauan dan kepedihan di I Need U dan Run, mereka bisa merasakan yang namanya menikmati kehidupan.

Saya sempat cek postingan sebelumnya mengenai hipotesis cerita dari MV I Need U dan MV Run. Ada yang menyangkal dan protes mengenai kejanggalan karena ketidak cocokan dugaan yang dibuat. Maaf...

Guys, ARMYs, ternyata, setelah sekian lama dan sekian sulit kita memutar otak menjadi detektif amatir menebak trilogi yang mereka ciptakan, ternyata inti ceritanya sangat amat sederhana. Tidak ada yang mati. Semuanya hidup. Sungguh.

Lagi-lagi plot twist ini. Ha -_-
Jadi, saya diberitahu teman yang sesama Army juga mengenai postingan suatu base BTS di LINE. Base itu memposting suatu pernyataan yang sepertinya memang hipotesis juga karena ini sama sekali bukan pernyataan resmi dari Bighit.

Berikut adalah pernyataan bluu-dyamondz mengenai hipotesis dari Young Forever.

"Tidak ada yang meninggal sepanjang era I Need U hingga Young Forever.
I Need U menampilkan momen-momen bahagia diantara momen yang tragis. Run menampilkan momen-momen yang tragis diantara momen bahagia. Mereka menggambarkan epitome dari masa muda.
Labirin yang ada di MV Young Forever menyimbolkan mereka (BTS) yang sedang mentrasisi masa muda mereka ke masa dewasa. Walaupun masa muda mereka berantakan, masa muda mereka ada "Masa Terindah dalam Hidup" karena mereka dapat melewati masalah-masalah yang rentan bagi mereka pada waktu mereka muda. Mereka sedang mengatakan pada kita untuk tetap terikat dan terhubung dengan momen-momen itu, tak peduli seberapa tragis ataupun seberapa bahagianya momen-momen tersebut, karena itulah caranya agar kita bisa tetap tinggal muda selamanya. 
Tidak ada permainan pikiran. Tidak ada teori-teori yang rumit. Seperti yang sudah mereka (BTS) katakan berkali-kali, mereka telah menggali masa muda mereka dalam-dalam supaya mereka bisa menghasilkan sesuatu yang dapat menangkap momen-momen indah ini. Seperti musik mereka, mereka telah bertumbuh dewasa, maupun sebagai artis ataupun sebagai orang.
Suatu hari, semua ini akan berakhir. Tidak ada lagi konser. Tempat duduk yang kosong. Tidak ada lagi musik yang baru. Tetapi mereka ingin menggenggam apa yang mereka miliki sekarang, selamanya. Mereka ingin memeluk masa muda mereka dan hal-hal yang telah mereka capai dan kepuasan mereka atas prestasi mereka. Mereka ingin menggenggam dan memeluk kita (ARMYs) selamanya.
Aku tidak tahu. Mungkin sebenarnya semua (konsep) ini tidak serumit yang selama ini kita pikirkan."

ind-trans. cr BANGTAN'S TRASH

Nah... jadi, bagaimana?
Ya, begitulah. Dilihat dari lirik pun sudah dapat ditebak bahwa akhir dari cerita, mereka (BTS) sudah dapat menerima dan menghadapi kehidupan dari mulai yang baik hingga segala macam permasalahan yang mereka hadapi. Tidak masalah jika menemukan kesulitan, tidak masalah jika mendapat kekalahan, tetaplah menjadi diri sendiri dan jalani kehidupan yang kau sendiri inginkan.
Kalimat "Just live how you want Your life is yours. Don’t try so hard It’s alright to lose." di dalam lirik benar-benar mengena di hati saya.

Syukurlah trilogi ini berakhir bahagia. Thanks Bighit sudah membuat ARMYs stres menebak-nebak kisah yang kau buat! -_-

Mengenai albumnya, untuk epilog ini full album berisi beberapa lagu remake dan full version dari album 화양연화 sebelumnya. Ada juga lagu baru lain di dalamnya. Albumnya pun dibuatkan dua versi, yaitu Day and Night yang harganya mencapai hmm... katanya di Indonesia sampai 290k.

Sedikit bonus screencapt dari MV BTS Fire yang (mohon maaf) resolusinya kecil karena kebelet mau posting tapi kuota cuma cukup download kualitas rendah. Hiks.



(Di pagar terdapat tulisan "Youth" dari kain yang diikat.)

(Koreografi favoritku nih kunamai gerakan langkah kepiting.)
 


 (Di MV ini mereka banyak main bakar-bakaran. Dari mulai bakar orang, sepeda, pesawat, mobil, hingga meledakkan bangunan.)



 (Dan mereka juga punya keahlian baru di sini. Nge-DJ menggunakan setrikaan di atas tubuh orang dan nge-DJ menggunakan kompor.)

Cukup sekiaaaan~
Ppyong~

p.s
Kalau ada pertanyaan atau sanggahan silahkan hubungi saya di twitter @smaharanimei karena saya jarang membuka blogspot. Terima kasih sudah berkunjung ke sini~!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll