Kamis, 25 September 2014

Review Percy Jackson and The Olympians

Walaupun judulnya review sepertinya saya tidak bisa membuat tulisan ini dengan aturan-aturan review yang baik dan benar. Karena disini, sekarang ini, saya hanya sedang sangat ingin membahas tentang salah satu fiksi fantasi favorite saya yang merupakan hasil karya dari Richard Russell Riordan atau lebih dikenal sebagai Rick Riordan. Mungkin pertama-tama saya akan membahas sedikit tentang Riordan.

Richard Russell Riordan lahir di San Antonio Texas pada tanggal 05 Juni 1964. Riordan adalah seorang penulis dengan aliran sastra fantasi, cerita detektif, mitologi. Lulus daru Universitas Texas di Austin pada tahun 1986. Sempat mengajar di sekolah-sekolah di California dan San Antonio selama lima belas tahun. Dianugerahi Penghargaan Guru Besar tingkat pertama dari St. Mary's Hall pada tahun 2002. Seri misteri dewasa miliknya yang berjudul Tres Navarre menjadi buku nomor satu dalam Daftar Buku Terlaris New York Times pada tanggal 28 September 2008. Hak cipta film seri Percy Jackson and The Olympians dibeli oleh Twentieth Century Fox. Riordan tinggal di San Antonio bersama seorang istri dan dua orang anak.
(Sumber: Wikipedia)

Percy Jackson and The Olympian : The Lightning Thief
(Seri ke-1)


Penulis : Rick Riordan
Kategori : Novel terjemahan
Genre : Fantasi, mitologi Yunani
Penerbit : Mizan (Indonesia)
Halaman : 458
ISBN : 9789794335406

 [ “Kau akan pergi ke Barat dan menghadapi sang Dewa ang berkhianat.
Kau akan menemukan yang dicuri dan mengembalikannya dengan selamat.
Kau akan dikhianati oleh orang yang menyebutmu teman.
Dan pada akhirnya kau akan gagal menyelamatkan yang terpenting." (Ramalan Oracle untuk Percy Jackson). ]


Percy Jackson merupakan seorang anak pengidap disleksia dan GPPH (Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas) atau ADHD (Attention Devicit/Hyperactivity Disorder). Percy tidak mampu membaca dengan baik karena setiap ia mencoba membaca, huruf-huruf itu menjadi seakan melayang-layang dan ia pun cenderung tidak bisa diam. Ternyata, hal itu merupakan ciri-ciri dari anak blasteran atau demigod (anak hasil perkawinan dewa dan manusia). Mereka tidak dapat membaca dengan baik karena mindset mereka tercipta untuk dapat membaca dan memahami tulisan Yunani. Kemudian mereka juga cenderung tidak bisa diam karena tubuh mereka memiliki reflek untuk bertarung dan melindungi diri.
Percy tinggal bersama Sally Jackson (ibu kandung) dan Gabe Ugliano (ayah tiri) di Manhattan, New York. Percy seringkali pindah-pindah sekolah karena disleksia dan GPPH yang dia idap. Umur 12 tahun adalah awal perubahan kehidupannya terjadi, dimana ia mulai mengetahui siapa dia sebenarnya. Satu-satunya teman Percy di sekolah, bernama Grover Underwood, dan satu-satunya guru yang baik padanya ternyata merupakan salah satu dari bagian kehidupan Percy yang sebenarnya. Grover adalah seorang satir (manusia setengah kambing), dan Chiron adalah seorang centaurus (bertubuh manusia dari kepala hingga pinggang dan berbadan kuda). Grover yang merupakan seorang satir, memiliki tugas untuk mencari dan membawa para blasteran ke perkemahan untuk anak blasteran dimana mereka dapat berlatih dan dan terlindungi. Saat menemukan Percy, Grover merasakan sesuatu yang berbeda. Dia memiliki perasaan bahwa Percy lebih kuat dari blasteran lainnya sehingga membuat Chiron, yang merupakan pengurus perkemahan ikut turun tangan menyamar dan menjadi guru di sekolah untuk memantau Percy di sekolah. Lambat laun, rahasia mulai terungkap dan Percy tahu bahwa dirinya adalah demigod dan merupakan anak dari Poseidon (Dewa laut). Percy dibawa oleh Grover ke perkemahan dan bertemu dengan Annabet Chase (keturunan Athena) yang pada akhirnya menjadi sahabatnya walaupun seringkali bertengkar.
Dalam seri pertama ini, Percy bersama Grover dan Annabeth mengemban misi menemukan petir Dewa Zeus yang telah dicuri. Petir dewa merupakan salah satu benda yang tidak mungkin dicuri oleh dewa lainnya sehingga saat petir itu hilang orang yang dicurigai pastilah mereka yang ada di sekitar para dewa dan pastinya bukan manusia, melainkan demigod. Saat keberadaan Percy yang merupakan anak Poseidon diketahui, dia menjadi tertuduh. Dalam hubungan 3 besar Dewa Olympus, yaitu Zeus, Poseidon, dan Hades, memang seringkali terjadi konflik dan kadangkala masalah-masalah mengenai perebutan kekuatasaan tak luput dari bahan keributan ketiganya. Sebuah ramalan besar dari Oracle mengatakan bahwa suatu saat, salah satu keturunan 3 besar bersama manusia akan membuat suatu keputusan besar yang entah akan menyelamatkan atau menghancurkan Olympus sehingga 3 besar berjanji untuk tidak memiliki keturunan bersama manusia lagi. Akan tetapi, berkat kemunculan Percy, Poseidon menjadi diketahui telah melanggar janji tersebut dan otomatis disaat hilangnya petir Zeus, Percy menjadi tertuduh dengan alasan yang sangat kuat menurut dewa-dewa lain.
Percy yang tidak terima dengan tuduhan itu pun bertekad untuk menemukan petir yang hilang dan mengembalikannya kepada Dewa Zeus demi membersihkan nama baik dirinya juga ayahnya. Selain mencari petir, Percy juga berniat mencari ibunya yang menghilang saat mereka diserang oleh minotaurus. Di umurnya yang masih 12 tahun itu, Percy mengemban misi yang berbahaya bersama Grover dan Annabeth.

Percy Jackson and The Olympians : The Sea of Monster
(Seri ke-2)


Penulis : Rick Riordan
Kategori : Novel terjemahan
Genre : Fantasi, mitologi Yunani
Penerbit : Mizan (Indonesia)
Halaman : 380
ISBN : 9786021606216

Setahun berlalu. Di musim panas kedua setelah Percy mengetahui siapa dirinya, ia mulai sering didatangi mimpi-mimpi aneh tentang Grover. Mimpi para blasteran bukanlah sembarang mimpi, melainkan bisa merupakan suatu petunjuk atau ramalan. Percy melihat grover dalam bahaya dalam mimpinya dan yang membuatnya lebih khawatir lagi adalah Grover tidak pulang ke perkemahan sejak tahun lalu ia mendapat izin pencarian Dewa Pan. Percy yang berada di perkemahan blasteran pun tak luput dari masalah. Pohon pinus yang didiami roh Thalian Grace (keturunan Zeus) adalah pohon yang selama ini memberikan tameng dan melindungi wilayah perkemahan blasteran dari para monster. Namun, pohon itu diracun sehingga perlindungannya melemah bahkan nyaris hilang.
Sedikit cerita tentang Thalia Grace. Thalia Grace merupakan keturunan Dewa Zeus dan umurnya sekitar 2 tahun lebih tua dari Percy. Ternyata Dewa Zeus pun melanggar sumpah untuk tidak memiliki keturunan dari manusia. Dia meninggal karena cyclops saat sedang dalam perjalanan ke perkemahan bersama Grover, Luke Castellan (keturunan Hermes), dan Annabeth. Ayahnya, Zeus, mengubah Thalia menjadi pohon pinus dan sejak saat itu pohon Thalia menjadi pelindung perkemahan.
Percy dan Annabeth baru kembali ke perkemahan saat pohon itu telah diracuni dan yang lebih mengagetkan, Chiron dipecat karena dicurigai merupakan orang yang meracuni pohon tersebut. Walaupun tidak ada bukti kuat, Dionysus (dikenal sebagai Dewa Anggur), yang sedang menjalani hukuman seratus tahun menjadi direktur perkemahan karena mengejar-ngejar peri pohon, harus memiliki orang yang dipersalahkan atas kejadian tersebut sehingga Chiron yang menjadi korban. Walaupun dalam seri ini yang diberi misi secara resmi adalah Clarisse La Rue (keturunan Dewa Ares), tapi Percy nekat untuk pergi dan menemukan bulu domba ajaib yang dapat memberi kehidupan kembali untuk pohon Thalia. Dewa Hermes pun mendukung Percy untuk pergi dan menjalani misi ini secara diam-diam, ditambah lagi Percy memiliki firasat akan menemukan Grover dalam pencarian bulu domba ajaib tersebut. Percy pergi bersama Annabeth dan adik tirinya bernama Tyson (cyclops) untuk menemukan bulu domba ajaib.

Percy Jackson and The Olympians: The Titan's Curse
(Seri ke-3)


Penulis : Rick Riordan
Kategori : Novel terjemahan
Genre : Fantasi, mitologi Yunani
Penerbit : Mizan (Indonesia)
Halaman : 412
ISBN :  9786021606209

[ "Seorang akan menghilang ...
Kutukan bangsa Titan harus seorang hadapi ...
Dan, seseorang akan binasa di tangan salah satu orangtuanya ..."
(Ramalan Oracle untuk 5 orang yang mengemban misi). ]

Percy, Annabeth, dan Grover memiliki tugas untuk membawa 2 orang yang diduga merupakan anak blasteran ke perkemahan. Kedua bersaudara itu bernama Biantica Di Angelo dan Nico Di Angelo. Terjadi kesulitan saat menyelamatkan mereka karena mereka diserang oleh Singa Nemeas (monster). Berkat bantuan Dewi Artemis dan pengikutnya yaitu para pemburu (semua anggotanya perempuan dan perawan), mereka dapat selamat dan langsung menuju perkemahan juga dengan dibantu Dewa Apollo. Dewi Artemis memiliki misinya sendiri sehingga untuk sementara menyuruh para pemburu untuk tinggal di perkemahan blasteran walaupun mereka tidak menyukainya. Namun, kabar buruk mereka dapatkan. Dewi Artemis tidak kembali dan ternyata dijebak oleh Atlas (orang Titan). Jika biasanya orang yang mengemban misi berjumlah 3 orang, kali ini mereka mengirim 5 orang yang merupakan campuran dari para pemburu dan perkemahan. Konon katanya, jika mengirim lebih dari 3 orang maka kemungkinan besar akan ada orang yang tidak selamat. Tapi ramalan mengatakan yang pergi haruslah 5 orang dan dari semua yang pergi sudah menyadari resiko bahwa akan ada yang tewas diantara mereka. Setelah terjadi beberapa perselisihan, karena walaupun mengetahui resikonya ternyata tetap saja ada yang rebutan untuk pergi. Diputuskan ada 3 orang dari pihak pemburu, yaitu Zoe (wakil Dewi Artemis), Bianca (sudah menjadi anggota pemburu), dan salah satu anggota pemburu lainnya. Dan dari pihak perkemahan ada Thalia dan Grover yang menyesal setelah mengajukan diri karena Percy jadi tidak kebagian jatah untuk ikut. Percy sangat ingin sekali ikut karena Annabeth pun hilang dan ia mendapat mimpi bahwa Dewi Artemis dan Annabeth berada di tempat yang sama.
Saat mereka pergi, salah satu dari pihak pemburu malah mengalami masalah sehingga mereka memutuskan pergi berempat walaupun Percy mengajukan diri tapi Zoe tidak mau menerimanya. Akhirnya Percy pergi diam-diam dan pada akhirnya diterima oleh Zoe karena ternyata Percy cukup membantu.
Dua orang menjadi korban dalam misi ini dan 3 orang ditambah Annabeth yang berhasil diselamatkan kembali ke perkemahan dengan.
Di akhir cerita, diketahui bahwa Bianca dan Nico adalah keturunan Hades yang ternyata walaupun dengan tubuh anak-anak itu umur mereka yang sebenarnya lebih dari 70 tahun. Ini mengartikan bahwa 3 besar Dewa yang pertama kali melanggar sumpah adalah Dewa Hades. Dan Thalia pun memutuskan untuk bergabung bersama para pemburu dan menjadi wakil dari Dewi Artemis sehingga kini tidak ada lagi kemungkinan kalau ramalan besar yang ditujukan untuk salah satu keturunan 3 besar dewa tidak akan jatuh kepadanya. Dan kemungkinannya menjadi, antara Percy dan Nico.

Percy Jackson and The Olympians : The Battle of Labyrinth
(Seri ke-4)


Penulis : Rick Riordan
Kategori : Novel terjemahan
Genre : Fantasi, mitologi Yunani
Penerbit : Mizan (Indonesia)
Halaman :  456
ISBN : 9786021606193

Ketika sedang mengikuti permainan tangkap bendera, Percy dan Annabeth menemukan sebuah gua bawah tanah yang ternyata merupakan labirin Daedalus yang dapat menghubungkan segala tempat. Dan benar saja, Kronos yang sedang dalam proses penghidupan kembali dengan bantuan Luke sedang mengerahkan para monsternya untuk masuk ke perkemahan melalui jalur labirin tersebut. Ada banyak bahaya di dalam labirin dan Percy, Grover, yang dipimpin Annabeth harus menjelajahinya untuk menemukan pusat dari labirin tersebut. Mereka mengemban misi menemukan monster yang katanya dapat membahayakan Olympus melalui labirin tersebut. Di tengah perjalanan, Percy mendapat kenalan baru seorang manusia yang dapat melihat melewati kabut bernama Rachel Elizabeth Dare. Di akhir cerita ini, Nico yang awalnya membenci Percy karena kematian Bianca di misi sebelumnya menjadi baik dan bahkan berteman dengan Percy.

Percy Jackson and The Olympains: The Last Olympian
(Seri ke-5)


Penulis : Rick Riordan
Kategori : Novel terjemahan
Genre : Fantasi, mitologi Yunani
Penerbit : Mizan (Indonesia)
Halaman :  454
ISBN :  9786021606186

[ "Anak blasteran dewa tertua akan mencapai enam belas setelah lewati bahaya.
Dan saksikan dunia dalam tidur abadi.
Jiwa sang pahlawan, bilah terkutuklah yang akan hadapi.
Satu pilihan akan akhiri usianya.
Olympus tetap lestari atau binasa" (Ramalan besar Oracle). ]

Kronos telah bangkit kembali dengan menggunakan tubuh Luke. Nyawa Percy semakin terancam bahaya ditambah lagi tentang ramalan besar yang seakan terus menerus menekan mentalnya. Kronos sudah benar-benar mengerahkan pasukannya untuk menghancurkan Olympus dan keadaan perkemahan sudah terancam. Tidak ada pilihan lain selain bertindak untuk melawan. Seluruh dewa olympus dan para demigod ikut turun tangan dalam perang ini. Atas saran Nico, Percy berendam di Sungai Styx sehingga membuat dirinya kebal dari berbagai serangan kecuali serangan pada satu titik kelemahan di salah satu bagian tubuhnya. Dewi Hestia (Dewi Perapian) dan beberapa orang Titan turut mengisi kisah dari seri kelima Percy Jackson ini.
Akhir menyenangkan untuk kisah ini karena Percy mendapatkan cintanya, yaitu Annabeth dan ibunya mendapatakan suami yang juga menjadi ayah tiri yang baik untuk Percy, yaitu Paul Blofis.

Pendapat saya:
Rick Riordan membawakan cerita Percy Jackson ini dengan deskripsi yang bagus sehingga membuat pembaca bisa membayangkan dan merasa benar-benar ada di dalam cerita. Perpaduan antara mitologi Yunani dan kehidupan modern pun membuat cerita ini menjadi semakin menarik. Ketegangan dalam cerita ini dapat tercairkan berkat kelihaian Rick Riordan dalam memasukan humor di dalamnya. Selain itu, dengan membaca novel ini kita jadi mendapat pengetahuan seputar mitologi Yunani yang ternyata cukup menarik untuk diketahui.
Saya sarankan, para pecinta novel fiksi fantasi untuk membaca karya Rick Riordan yang satu ini.

Tolong komentari jika ada penulisan nama orang atau alur yang salah karena ingatan mengenai cerita ini agak kabur oleh novel lain yang saya baca.
Thanks for reading!
Ppyong~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll